Tugas Pertemuan 3

Soal :

1. Pelajari perintah dtrace atau sejenis di Linux. Buat rangkumannya disertai 3 contoh !
2. Buat rangkuman perbedaan antara Unix, FreeBSD, Solaris, dan Linux!
3. Buat program untuk membuka, membaca, menulis, dan menutup file menggunakan:
– Bahasa C murni
– Bahasa C yang memanggil system-call Linux

Jawab :

1. DTrace (Dynamic tracing framework)

DTrace atau Dynamic tracing framework merupakan sebuah fitur sistem operasi yang diperkenalkan bersama Sun’s Solaris akhir tahun 2003. Dengan DTrace programmer dan systems administrator dapat melakukan \’trace\’ atau menelusuri kernel dan aplikasi di sistem yang sedang jalan (produktif) dalam upaya menemukan kekliruan.Dengan demikian DTrace memiliki kemampuan yang memadai dalam untuk tracking daripada solusi yang ada sebelumnya. Setelah Sun Microsystems membebaskan kode sumbernya awal 2005, alat ini kemudian menjadi platform software yang kemudian diadopsi sistem operasi lain termasuk OpenSolaris, Mac OSX dan FreeBSD. DTrace menggunakan bahasa scripting yang disebut “D”, yang menggunakan sintaks yang sangat mirip dengan C dan AWK.DTrace adalah Infrastruktur atau alat yang dilengkapi dengan AD Trace language dan interpreter (penerjemah). DTrace menjadi infrastruktur yang tangguh dan membolehkan developers untuk diagnosa system and tingkah laku applikasi.
DTrace dapat digunakan untuk:
* Debugging – Dengan DTrace, dapat diketahui rutin-rutin apa yang sedang dipanggil, argumen dan nilai balik dari setiap fungsi-fungsinya.
* Analisa Kinerja– Dengan DTrace, dapat diamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. Digunakan untuk menggali lebih dalam dan menemukan penyebab utama masalah kinerja.
* Observabilitas – DTrace membantu pemahaman terhadap sistem. Dapat diketahui siapa yang memanggil sebuah fungsi dan fungsi-fungsi lain apa yang dipanggil oleh satu fungsi tertentu yang sedang dipanggil.
* Jangkauan Kode (Code Coverage) – Sebagai piranti pengetes, DTrace digunakan untuk mengetahui apakah sebuah fungsi dipanggil dan dimana.
Pada intinya DTrace membantu user menemukan masalah pada sistem dengan cepat  dan mengoptimasi kode secara realtime.
Contoh Perintah Dtrace :
1. trace(expression) – mengevaluasi expression dan menampilkannya ke output buffer.
2. tracemem(address, size_t nbytes) – men-copy isi memory sebanyak nbytes ke output buffer.
3. exit(int status) – Berhenti melakukan tracing.
4. speculation() – mempersiapkan tempat di trace buffer untuk dipakai oleh speculate().
5. dirname(char *str) – mendapatkan lokasi direktori dari string yang berisi lokasi file.

2. Perbedaan UNIX, FreeBSD, Solaris dan Linux

  • UNIX

UNIX adalah salah satu sistem operasi yang tersedia untuk digunakan di komputer pribadi, server dan jaringan. Beberapa kalangan menganggap SO Unix lebih efisien dan dapat diandalkan dibandingkan sistem operasi lainnya. Sistem operasi UNIX dikenal karena ringan fitur dan kemampuan untuk mengintegrasikan dengan lancar dengan sistem operasi lain. UNIX adalah sistem operasi komputer yang digunakan pada server, workstation dan komputer pribadi. Unix adalah program berdasarkan klien-server model yang memungkinkan untuk multi-user interface atau jaringan. Dan Menggunakan utilitas program kecil, sehingga sistem UNIX ini mampu melakukan beberapa tugas dari beberapa pengguna dalam kerangka waktu yang sama. Unix adalah sistem operasi pertama untuk memanfaatkan file system yang mempunyai kemampuan multi-tasking. Manfaat dari sistem operasi UNIX dibandingkan sistem operasi lain pada komputer Anda tergantung pada kebutuhan khusus komputer untuk apa. UNIX menyediakan lingkungan yang stabil, yang berarti itu mengurangi kerentanan terhadap crash program ketika baru dipasang. UNIX juga merupakan sistem yang lebih mandiri dalam program yang dapat berfungsi sebagai sendiri mail dan mencetak server. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan privasi, karena mail akan didownload secara langsung ke komputer tidak dengan di web server. kemampuan memproses akan lebih cepat, dan memerlukan sedikit memori.

  • FreeBSD

Linux adalah sebuah perangkat lunak yang kebal akan berbagai macam virus dan dapat dikembangkan oleh semua orang. Dan linux sendiri merupakan nama dari operating system yang bertipe unix. Selain itu, kelebihan linux adalah open sourch yaitu kode pada linux terbuka bagi siapaun dan deperkenankan untuk memodifikasi kode tersebut secara bebas. Asal-usul mengapa operating system ini dinamai linux adalah nama kernelnya sendiri yaitu kernel linux yang dibuat oleh seorang penemu linux yang bernama Linus Torvalds pada tahun 1991. Menurut beberapa orang yang mengamati teknologi informatika menganggap Linux sukses dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.

  • Solaris

Solaris adalah salah satu UNIX yang paling dikenal dunia. Solaris dibuat oleh Sun Microsystem. Solaris berjalan pada high−end hardware yang dapat mendukung puluhan processor, GB RAM, serta harddisk. Ia banyak digunakan sebagai platform oleh aplikasi enterprise, seperti Oracle. Solaris didesain untuk berjalan pada processor SPARC yang diproduksi oleh SUN. Karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software, mereka dapat mengembangkan system dengan fitur2 menarik, seperti, hot-swappable RAM, mainboard, harddisk, CPU.
SUN OS merupakan sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x.

  • Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux adalah sebuah kloning UNIX, ditulis benar-benar dari bawah lebih dari satu dekade lalu. Linux sama dengan BSD dalam banyak hal, namun BSD telah mempunyai budaya yang telah lama, serta lebih ramah terhadap dunia komersial. Linux mensyaratkan kepada pemakai komersial untuk memberikan feedback kembali ke linux, sementara BSD tidak mempunyai batasan seperti ini. Diantara pengguna UNIX, terdapat konflik persepsi antara kubu BSD dan LINUX. Namun jika anda menggali lebih dalam, sebaliknya, anda akan melihat bagaimana para developer berkomunikasi dan bekerjasama dengan ramah dan pikiran terbuka. Hanya sebagian kecil dari user maupun developer yang membuat friksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: